MANAJEMEN PROYEK BIDANG IT & PENDIDIKAN||SUKMA.W


MANAJEMEN PROYEK
BIDANG IT & PENDIDIKAN

A. PENDAHULUAN

assalamualaikum wr.wb
Alhamdullilah hari kedua ini, saya masih bisa menulis blog untuk menyampaikan kegiatan saya hari ini.
1. PENGERTIAN
      Management proyek adalah sebuah metode yang dikembangkan secara ilmiah dan intensif. Bidang IT adalah bidang yang terfokus pada perkembangan teknologi apapun yang dapat mempermudah aktifitas kehidupan.

2. LATAR BELAKANG
       Pendidikan SMK merupakan pendidikan yang sekarang banyak diminati. Mengapa? Mereka berfikir jurusan SMK bisa langsung kerja maupun kuliah,karena di SMK, tidak hanya diajari mengenai teori tetapi juga skill . Namun dilihat dari kenyataan yang ada,kebanyakan siswa hanya menunggu guru menyampaikan materi,bahkan apabila guru tidak hadir,siswa justru menyia-nyiakan waktu kosong tersebut. Kemudian apabila siswa diberikan tugas, mereka menyelesaikan tugas tersebut karena hanya terdorong dengan nilai dan agar tidak mendapat hukuman. Mereka tidak menggali tujuan,manfaat dari tugas yang dihadapi. Hal tersebut dapat menyebabkan siswa menyia-nyiakan waktu dan kurang bertanggung jawab,sehingga siswa kurang faham materi yang dihadapi. 

3. MAKSUD DAN TUJUAN
      materi hari ini di sajikan untuk merubah cara fikir siswa yang sebelumnya memilliki kebiasaan buruk agar diubah menjadi bertanggung jawab dalam menghadapi dunia industri.

4. HASIL YANG DIHARAPKAN
       Dengan adanya penyampaian tentang Management Proyek di Bidang IT dan Pendidikan,kita bisa mengetahui proses dan tata cara dalam menyusun proyek dengan dasar komitmen,konsisten dan kontinue.

B. Waktu
Hari : Kamis
Tanggal : 09 Januari 2019
Jam : 08.00-16.30 WIB

C. PEMBAHASAN
       Dalam menghadapi dunia IT, tentu perlu adanya sebuah manajemen. Mengapa?Karena tanpa sebuah manajemen,suatu hal yang dilakukan tidak akan berjalan dengan baik.
Lalu bagaimana cara menjalankan proyek IT dengan baik dan penuh tanggung jawab?
1. Planning (Perencanaan)
Planning adalah proses yang secara sistematis mempersiapkan kegiatan guna mencapai tujuan dan sasaran tertentu. Kegiatan diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan dalam rangka pekerjaan konstruksi, baik yang menjadi tanggung jawab pelaksana (kontraktor) maupun pengawas (konsultan). Kontraktor maupun konsultan harus mempunyai konsep planning yang tepat untuk mencapai tujuan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing.
Pada proses planning perlu diketahui hal-hal sebagai berikut:
1. Permasalahan yang terkait dengan tujuan dan sumber daya yang tersedia.
2. Cara mencapai tujuan dan sasaran dengan memperhatikan sumber daya yang tersedia.
3. Penerjemahan rencana kedalam program-program kegiatan yang kongkrit.
4. Penetapan jangka waktu yang dapat disediakan guna mencapai tujuan dan sasaran.
Dalam mengerjaan sebuah tugas,yang utama adalah perlu adanya sebuah planning. Dalam menyusun planning harus sesuai dengan point-point di atas .Planning tersebut dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas hasil kerja. Sehingga jika tidak ada planning,maka kerja tidak akan teratur,dan tidak akan memperoleh hasil yang maksimal.

D. Hasil yang didapatkan
Dari penjelasan di atas ,saya sadar bahwa dalam menghadapi sebuah proyek,perlu adanya persiapan atau planning yang sangat matang. Dengan adanya planning berarti telah melatih kesiapan dan tanggung jawab dalam bekerja.

E. Temuan permasalahan
1. Kurangnya bimbingan yang mengajarkan siswa dalam menyiapakan suatu hal.
2. Kurang adanya tanggung jawab dalam menghadapi masalah

F. Kesimpulan
    Planning atau rencana adalah hal yang tidak dapat ditinggalkan dalam mengerjakan suatu hal. Dengan adanya planning,maka akan mendorong kita untuk terus konsisten,komitmen dan kontinue.

G. Referensi
Modul Management Proyek di Bidang IT dan Pendidikan.Pdf

H. PENUTUP
  Itulah blog yang bisa saya tulis pada hari ini. materi selanjutnya akan saya tulis pada blog selanjutnya. 
wassalamualaikum wr.wb


0 Response to "MANAJEMEN PROYEK BIDANG IT & PENDIDIKAN||SUKMA.W"

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Comments

Popular Posts

Followers

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel