MANAGEMENT PROYEK BIDANG IT DAN PENDIDIKAN(continue)||SUKMA.W


MANAGEMENT PROYEK DI BIDANG IT DAN PENDIDIKAN
A. PENDAHULUAN
Assalamualaikum wr.wb
Hari ketiga ini,saya menulis blog mengenai materi yang yang kemaren masih belum selesai. Yaitu” MANAGEMENT PROYEK BIDANG IT & PENDIDIKAN”
1.PENGERTIAN
Management proyek adalah sebuah metode yang dikembangkan secara ilmiah dan intensif.bidang it adalah bidang yang terfokus pada perkembangan teknologi apapun yang dapat mempermudah aktifitas kehidupan
2.LATAR BELAKANG
Dalam dunia kerja,sebuah proses pencapaian tujuan, sangat tidak segampang yang di lihat. Sebenarnya sebuah tujuan dapat terlaksana melaui sebuah proses yang sangat matang. Melihat hal tersebut,penting bagi kita untuk mengetahui secara mendalam mengenai Management Proyek di bidang IT dan Pendidikan.
C.MAKSUD DAN TUJUAN
mengetahui secara mendalam mengenai Management Proyek di bidang IT dan Pendidikan.
D. HASIL YANG DIHARAPKAN
semoga dengan adanya penyampaan meteri seperti ini, dapat memotivasi dan merubah cara fikir kita dalam menghadapi suatu hal.
E. WAKTU
Hari: Kamis
Tanggal: 10 Januari 2019
Jam: 08.00-17.00 WIB
F. PEMBAHASAN
MEMBANGUN SEKOLAH YANG BERBASIS IT BERSKALA NASIONAL
Pada proses planning perlu diketahui hal-hal sebagai berikut :
Proses planning telah dijelaskan pada blogger sebelumnya,maka kali ini saya akan sedikit memperjelas proses planning dan kelanjutan dari proses planning.
1. Permasalahan yang terkait dengan tujuan dan sumber daya yang tersedia.
Untuk mencari masalah dalam membangun sebuah sekolah yang berbasis IT dan berskala internasional. Contoh, kita sebagai seorang yang diberi amanat untuk melaksankan hal tersebut. Maka kita harus melakukan observasi dahulu. Seperti:
a. Luas area yang akan dikerjakan.
b.Berapa banyak ruang yang akan dikerjakan.
c. Apakah area yang akan dikerjakan tersebut strategis.
d. Banyaknya dana yang diterima untuk melakukan hal tersebut.

2. Cara mencapai tujuan dan sasaran dengan memperhatikan sumber daya yang tersedia.
-Mencari referensi dari sekolah yang sudah lebih maju di bidang IT
-Menyiapkan apa saja yang dibutukan,seperti tenaga kerja ahli,peralatan dan bahan yang harus persiapkan.
-Menyesuaikan dana yang dimiliki,apabila dana belum memenuhi maka harus memprioritaskan mana yang akan dikerjakan dulu.

3. Penerjemahan rencana kedalam program-program kegiatan yang kongkrit.
Apabila cara untuk mencapai tujuan sudah teratasi. Maka hasil tersebut dirancang atau digambarkan. Kemudian rancangan tersebut diajukan kepada atasan untuk mendapat persetujuan.
4. Penetapan jangka waktu yang dapat disediakan guna mencapai tujuan dan sasaran.
Setelah hasil rancangan disetujui,maka kita harus menentukan kapan waktu pelaksanaan bisa dimulai.Kemudian butuh berapa hari proses yang dibutuhkan
B. Organizing (Pengorganisasian)

      Organizing (pengorganisasian kerja) dimaksudkan sebagai pengaturan atas suatu kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang, dipimpin oleh pimpinan kelompok dalam suatu wadah organisasi. Wadah organisasi ini menggambarkan hubungan-hubungan struktural dan fungsional yang diperlukan untuk menyalurkan tanggung jawab, sumber daya maupun data.
C. Actuating (Penggerakan)

       Actuating diartikan sebagai fungsi manajemen untuk menggerakkan orang yang tergabung dalam organisasi agar melakukan kegiatan yang telah ditetapkan di dalam planning. Pada tahap ini diperlukan kemampuan pimpinan kelompok untuk menggerakkan; mengarahkan; dan memberikan motivasi kepada anggota kelompoknya untuk secara bersama-sama memberikan kontribusi dalam menyukseskan manajemen proyek mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.
D. Controlling (Pengendalian)
       Controlling diartikan sebagai kegiatan guna menjamin pekerjaan yang telah dilaksanakan sesuai dengan rencana. Didalam manajemen proyek jalan
atau jembatan, controlling terhadap pekerjaan kontraktor dilakukan oleh konsultan melalui kontrak supervisi, dimana pelaksanaan pekerjaan konstruksinya dilakukan oleh kontraktor. Pengawas Umum (General Superintendat) berkewajiban melakukan Pengendalian (secara berjenjang) terhadap pekerjaan yang dilakukan oleh staf di bawah kendalinya yaitu Site Administration, Quantity Surveyor, Materials Superintendant, Construction Engineer, dan Equipment Engineer untuk memastikan masing-masing staf sudah melakukan tugasnya dalam koridor “jaminan kualitas (quality assurance)”.Sehingga, tahap-tahap pencapaian sasaran sebagaimana direncanakan dapat dipenuhi.
G. HASIL YANG DIDAPATKAN
 Dari materi yang disampaikan hari ini, saya menjadi lebih tahu tentang proses menyusun suatu hal secara detail dan profesional.
F.TEMUAN PEMASALAHAN

Apabila seseorang sulit mengatasi suatu masalah,itu karena kurangnya pengajaran tentang proses dalam melakukan hal yang akan dihadapi.
G. KESIMPULAN
Jadi, dalam melaksanakan suatu hal contohnya mendapat kepercayaan membangun sekolah yang berbasis IT dan berskala internasional perlu adanya planning yang matang dan proses yang detail.
H. REFERENSI
MANAGEMENT PROYEK BIDANG IT & PENDIDIKAN.pdf

0 Response to "MANAGEMENT PROYEK BIDANG IT DAN PENDIDIKAN(continue)||SUKMA.W"

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Comments

Popular Posts

Followers

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel