STANDART KOMUNIKASI (OSI LAYER)||SUKMA.W



 
STANDART KOMUNIKASI (OSI LAYER)
A. PENDAHULUAN
Assalamualaikum wr.wb
Materi hari ini fokus pada Lapisan OSI LAYER. OSI Layer hanya terdiri dari tujuh lapis tetapi apabila dijabarkan satu persatu tidak cukup dalam satu minggu. Seberapa pentingkah Layer OSI dalam proses komunikasi? Simak pembahasan kali ini!
1. PENGERTIAN
OSI Layer adalah kerangka kerja komunikasi yang menggunakan protokol pada lapisan OSI. OSI Layer merupakan dasar dalam perjalanan komunikasi,baik mengirim maupun menerima data.
2.LATAR BELAKANG DAN BATASAN PERMASALAHAN
Pernahkah kalian berfikir,bagaimana proses komunikasi,mengirim data,menerima data secara cepat dengan jarak yang jauh? Hal tersebut sangat penting untuk diketahui agar kalian tahu dasar dasar komununikasi dan permasalahannya. Seperti pesan ang tidak terkirim,error dalam mengirim data dan lain lain.
3. MAKSUD DAN TUJUAN
- Mampu mengetahui proses komunikasi secara mendasar
-Mampu mengetahui protokol yang digunakan dalam setiap lapisan OSI Layer.
-Komponen dasar dalam komunikasi
4. HASIL YANG DIHARAPAN.
mampu menyelesaikan permasalahan ketika proses komunikasi dan mengetahui letak kesalahannya.
B. ALAT DAN BAHAN
-LCD proyektor
-laptop
C. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN KEGIATAN
Hari : Jum’at
Tanggal : 18 Januari 2019
Jam : 08.00-16.00

D. PEMBAHASAN
OSI layer dikembangkan oleh International Organization for Standart (ISO) pada tahun 1984.Model referensi OSI adalah suatu model konseptual yang terdiri atas tujuh layer,yang masing-masingnya memiliki fungsi tertentu dan harus bisa saling berkomunikasi antar layer.













Physical layer :lapisan paling dasar yang berhubungan langsung dengan perangkat keras. Berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan (seperti halnya Ethernet ), topologi jaringan dan pengabelan.
Data-link layer : mengelompokkan bit bit data menjadi frame. Di dalam data link juga terjadi proses koreksi kesalahan,flow kontrol,pengalamatan.
-Flow control
Stasiun pengirim harus tidak mengirim frame-frame pada kecepatan yang lebih cepat daripada kecepatan penerimaan data pada stasiun penerima.
-Addressing (pengalamatan)
Pada jalur komunikasi yang multipoint (banyak jalur), identitas dari dua stasiun (baik stasiun pengirim atau penerima) harus mampu membedakan kontrol informasi dari data yang sedang transmisi.
perangkat-perangkat jaringan seperti hub, bridge, repeater, dan switch layer 2 beroperasi.
Network layer :Berfungsi untuk mendefinisikan alamat ip, membuat header untuk paket-paket, dan kemudian melakukan routing melalui internetworking dengan menggunakan router dan switch layer-3.
Transport layer :Berfungsi untuk memecah data ke dalam paket-paket data serta memberikan nomor urut ke paket-paket , sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan setelah diterima. Selain itu, pada level ini juga membuat sebuah tanda bahwa paket diterima dengan sukses (acknowledgement), dan mentransmisikan ulang terhadp paket-paket yang hilang di tengah jalan.
Session layer :Berfungsi untuk mendefinisikan bagaimana koneksi dapat dibuat, dipelihara, atau dihancurkan. Selain itu, di level ini juga dilakukan resolusi nama.
Layer selanjutnya dan penjelasan lebih rinci akan dibahas di blog berikutnya


E. HASIL YANG DIHARAPKAN
-menambah wawasan mengenai protokol yang ada pada masing masing protokol.
-mengetahui peralatan yang diterapkan dalam OSI layer
-mengetahui kegunaan masing masing layer pada proses komunikasi.
F. TEMUAN MASALAH
Belum tahu tentang data mentah,frame data,protocol pada setiap layer,dan efek apabila kurangnya perangkat pada setiap layer.
G. KESIMPULAN
Jadi.proses dalam komunikasi itu tidak sesederhana yang kita fikir. Proses komunikasi itu memerlukan beberapa tahab yang harus dilewati. Sehingga dalam proses perjalanan data,hasil akhir data tidak sepenuhnya berhasil.
H. REFERENSI

0 Response to "STANDART KOMUNIKASI (OSI LAYER)||SUKMA.W"

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Comments

Popular Posts

Followers

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel