MANAGEMENT BANDWITH DENGAN SIMPLE QUEUE||SUKMA.W

A. PENDAHULUAN
Assalamualaikum wr.wb
    Bagaimana teman-teman hari kabarnya?semoga sehat dan dialnjarkan kegiatannya pada hari ini. Alhamdulillah pada hari ini,saya masih diberikan kesempatam untuk menulis artikel sederhana saya. Pada blog kali ini saya akan menulis tentang Management bandwidth dengan Simple Queque.

1. PENGERTIAN
      QOS(Quality of services) atau  Bandwidth Manajemen, merupakan metode yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Pada RouterOS Mikrotik penerapan QoS bisa dilakukan dengan fungsi Queue.

2.LATAR BELAKANG
       Pada sebuah jaringan yang mempunyai banyak client, diperlukan sebuah mekanisme pengaturan bandwidth dengan tujuan mencegah terjadinya monopoli penggunaan bandwidth sehingga semua client bisa mendapatkan jatah bandwidth masing-masing.

3. MAKSUD DAN TUJUAN
mencegah terjadinya monopoli bandwith dengan penerapan salah satu fitur pada mikrotik yaitu QOS

4. HASIL YANG DIHARAPKAN
Paham dan mampu mngimplementasikan konfigurasi QOS(Quality of Service)

B. ALAT DAN BAHAN
-Laptop
-Mikrotik
-Kable utp
-ISP

C.JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
Hari:Senin
Tanggal:13 Mei 2019
Jam:13.00-16:00 WIB

D. PEMBAHASAN
 Dalam Mikrotik, terdapat 3 jenis Queue yaitu.
1. Simple Queue, merupakan cara yang sangat mudah untuk membagi        bandwidth dari skala jaringan berukuran kecil hingga menengah. Biasa digunakan untuk mengatur bandwidth upload dan download tiap user.
2. Queue Tree, adalah fitur yang digunakan untuk mengatur jumlah limit bandwidth yang lebih kompleks. Biasa digunakan untuk membatasi satu arah koneksi untuk download maupun upload.
3. PCQ (Per Connection Queue), adalah jenis Queue yang mampu mengenali arah arus dan digunakan karena dapat membagi bandwidth secara adil, merata serta masif. PCQ dapat digunakan bersamaan dengan fitur Queue baik yang simple maupun yang tree.

Cara paling mudah untuk melakukan queue pada RouterOS adalah dengan menggunakan Simple Queue. Kita bisa melakukan pengaturan bandwidth secara sederhana berdasarkan IP Address client dengan menentukan kecepatan upload dan download maksimum yang bisa dicapai oleh client.

 1. Lihat dahulu hots yang terkoneksi,dengan masuk pada menu IP>>hotspot>>pilih tab menu host>>lihat ,client mendapat IP berapa.


 2. Pilih menu Queue>>masuk pada tab menu simle queue>>(+)>>pada tab menu general>>isikan nama dan target(isikan IP client)

  

 3. Pindah pada tab menu advanced>>pilih berapakah upload dan download akan dilimitasi.

  

 4. Koneksikan client dengan internet,Kemudian lihat pada simple queue. Apabila client sudah melebihi batas limit,maka client akan berwarna merah,seperti dibawah ini.
 

 

E. HASIL YANG DIDAPATKAN
Paham tentang kegunaan QOS dan cara konfigurasinya.

F. TEMUAN PERMASALAHAN
-
G. KESIMPULAN
   Dengan Queue, kita dapat membagi dan mengatur jumlah bandwidth yang dapat diterima oleh klien. Sehingga lalu lintas data pada jaringan kita dapat berjalan sesuai dengan harapan dan keinginan.

I. REFERENSI
http://www.mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=53http://www.mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=53

0 Response to "MANAGEMENT BANDWITH DENGAN SIMPLE QUEUE||SUKMA.W"

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Comments

Popular Posts

Followers

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel