KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA(K3)||SUKMA.W

A. PENDAHULUAN

Assalamualaikum wr.wb
Kali ini saya menulis masih belum mengenai teknis,namun hal ini perlu diperhatikan dalam menjalankan pekerjaan. Dalam hal kerja kesehatan dan keselamatan hal yang harus diutamakan.
1. PENGERTIAN
Kesehatan dan Keselamatan Kerja atau biasa disebut K3 adalah merujuk pada perlindungan terhadap kesejahteraan fisik seseorang terhadap cedera yang terkait dengan pekerjaan. Kesehatan adalah merujuk pada kondisi umum fisik, mental dan stabilitas emosi secara umum.
2.LATAR BELAKANG DAN BATASAN PERMASALAHAN
Sampai saat ini tingkat kecelakaan kerja di setiap industri kerja masyarakat dunia rata-rata masih tinggi. Tidak lepas pula Indonesia, yang turut menjadi perhatian khusus dunia. Hal ini dapat kita lihat bahwa tingkat kecelakaan kerja di Indonesiapun masih tinggi. Hal ini menjadi keprihatinan kita bersama sebagai bangsa Indonesia.
3. MAKSUD DAN TUJUAN
-Menambah wawasan mengenai pentingnya K3 dalam dunia kerja.
4. HASIL YANG DIHARAPKAN
Diharapkan K3 dalam dunia kerja tidak diabaikan,sehingga menjalankan proses kinerja yang baik sehingga hasil dari pekerjaan yang dilakukan dapat terstruktur dan sesuai dengan tujuan awal kegiatan kerja yang dilakukan.
B. ALAT DAN BAHAN
-
C. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN KEGIATAN
Hari :Rabu
Tanggal : 30 Januari 2019
Jam : 08.00-16.00
D. PEMBAHASAN
          Dalam setiap manajemen kerja, setiap pekerja dapat menilai secara logis tentang kualitas, efektivitas, dan kepuasan dari setiap pekerjaan yang diberikan. Sebelum melakukan setiap kegiatan dan kerja, setiap orang dapat mengetahui seberapa besar risiko yang akan dihadapi dan bagaimana antisipasi dalam proses penyelenggaraan kerja yang akan dilakukan. Setiap orang pasti berfikir terlebih dahulu dalam setiap aktivitas pekerjaan yang akan dilakukan untuk membangun keyakinan dalam menjalankan proses kinerja yang baik sehingga hasil dari pekerjaan yang dilakukan dapat terstruktur dan sesuai dengan tujuan awal kegiatan kerja yang dilakukan.
           kesehatan dan keselamatan kerja sangat dibutuhkan dalam kegiatan usaha dan kerja seseorang. Keselamatan kerja menjadi tolak ukur utama dalam menjalankan kinerja. Jika keselamatan kerja dapat dijalankan dengan baik, maka setiap kerja dapat dijalankan dengan proses yang begitu menyenangkan dan ada rasa ketenangan dalam menyelesaikan setiap kerja yang sudah menjadi tanggung jawab. Selain itu kesehatan dalam kerja juga menjadi faktor utama dalam proses penyelesaian kerja, dimana kesehatan fisik, mental dan stabilitas emosi memiliki pengaruh yang kuat dalam kinerja seseorang. Jika fisik sehat maka kerja dapat dijalankan dengan semangat, dengan mental yang sehat maka setiap pekerjaan pun dapat dijalankan dengan pikiran yang jernih dan mampu meghadapi setiap tantangan kerja dengan mental pemenang dan tidak kalah pentingnya dengan stabilitas emosi yang baik pula setiap kerja dapat dijalankan dengan ketenangan pikiran yang baik sehingga tidak mudah terbawa tekanan dalam kerja yang diselesaikan sehingga hasil kinerja lebih produktif dan sesuai dengan target kierja yang diharapkan.
E. HASIL YANG DIDAPATKAN
       Dapat menilai secara logis tentang kualitas, efektivitas, dan kepuasan dari setiap pekerjaan yang diberikan. Sebelum melakukan setiap kegiatan dan kerja, setiap orang dapat mengetahui seberapa besar risiko yang akan dihadapi dan bagaimana antisipasi dalam proses penyelenggaraan kerja yang akan dilakukan.
F. TEMUAN MASALAH
         Banyak yang belum mengetahui tentang K3,sehingga dianggap tidak penting untuk dibahas. Padahal apanila dibahas,K3 saling keterkaitan dengan lainnya,seperti SOP.
G. KESIMPULAN
          Jadi,dalam dunia kerja selain hasil kerja yang dinilai,keselamatan dan kesehatan kerja lebih utama. Jtanpa adanya kesehatan dan keselamatan kerja,maka hasil kerja tidak dapat terstruktur dan sesuai dengan tujuan awal kegiatan kerja yang dilakukan.
H. REFERENSI

0 Response to "KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA(K3)||SUKMA.W"

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Comments

Popular Posts

Followers

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel