TELEKOMUNIKASI DAN JARINGAN 1||SUKMA.W


A. PENDAHULUAN
Assalamualaikum wr.wb
Board yang telah saya join yaitu telekomunikasi dan jaringan. Walau saya memilih board tersebut,bukan berarti saya tidak suka board yang lain. Hanya saja board tersebut membantu program kerja agar terstruktur satu persatu. Jadi setelah saya paham dan mampu mengimplementasi telekomunikasi jaringan,maka akan bergantian join dengan board yang lain.
1. PENGERTIAN
Apa yang kalian tahu mengenai telekomunikasi dan jaringan? Banyak yang mengatakan bahwa telekomunikasi dan jaringan adalah proses pengriman atau penerimaan data dari satu komputer ke komputer yang lain. Jawaban tersebut tidak salah tapi untuk lebih jelasnya kalian juga harus mengetahui pengertian,fungsi,manfaat dan dampak telekomunikasi dan jaringan.
2.LATAR BELAKANG DAN BATASAN PERMASALAHAN
Dalam proses pengenalan telekomunikasi perlu pemahaman secara mendasar. Dengan adanya pengenalan secara mendasar maka akan mudah untuk maju ke proses selanjutnya. Namun kebanyakan mereka justru mengabaikan hal tersebut. Mereka langsung ke poin yaitu langsung praktek. Hal tersebut akan menyebabkan akan sulit atau bisa saja lemah pada proses teknis karena kurang mengatahui trobleshooting.
3. MAKSUD DAN TUJUAN
-Memberikan wawasan mendasar mengenai telelekomunikasi dan jaringan.
-Untuk memberikan bekal agar kita siap dalam menghadapi tantangan ke depannya.
4. HASIL YANG DIHARAPKAN
Diharapkan mampu profesional dalam menghadapi dan menyelesaikan permasalahan di bidang telekomunikasi dan jaringan.
B. ALAT DAN BAHAN
-
C. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN KEGIATAN
Hari :Kamis
Tanggal : 31 Januari 2019
Jam : 08.00-16.00
D. PEMBAHASAN
       Telekomunikasi adalah proses pengiriman atau penerimaan data dari satu device ke device yang lain. Jaringan adalah sebuah sistem operasi yang terdiri atas sebuah komputer dan perangkat jaringan yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan.Jadi telekomunikasi dan jaringan adalah rangkaian perangkat telekomunikasi yang digunakan untuk melakuka aktifitas telekomunikasi.
           Telekomunikasi dan jaringan berkembang seiring waktu dan kebutuhan manusia dalam berkomunikasi. Jaringan telekomunikasi yang pertama kali muncul adalah jaringan 1G. Jaringan ini berbasis teknologi suara radio panggil. Selanjutnya berkembang menjadi jaringan 2G,yaitu teknologi suara digital pertama. Masuk sekitar tahun 1998,jaringan 3G muncul dengan layanan suara dan data. Pada tahun 2006,teknologi 4G mulai dikembangkan . Teknologi ini menyedian jaringan pita ultra lebar yang berstandar WiMAX dan LTE.
Jaringan telekomunikasi terdiri atas tigan bagian utama,yaitu:
-Perangkat tranmisi,bertugas untuk menyampaikan informasi dari jarak dekat maupun jauh.
-Perangkat penyambung,bertugas agar pemakai dapat menghubungi pemakai lain.
-Terminal,bertugas untuk mengubah sinyal informasi menjadi sinyal elektrik
Tujuan telekomunikasi jaringan antara lain:
-Masing komputer pada jaringan dapat mengakses dan menggunakan hardware dalam jaringan.
-Memudahkan dalam proses berbagi data
-menjadikan kelompok kerja berkomunikasi dengan cara yang lebih mudah dan efisien.
Signal Telekomunikasi dan Jaringan
a. Signal Analog






Signal analog atau biasa disebut signal kontinou adalah signal yang bekerja membawa informasi dengan mengubah karakteristi gelombang.
Ciri signal analog: >Memiliki amplitudo dan frekuensi
>Pada sinyal FM memiliki sinyal yang bervariasi.
>Pada sinyal AM memiliki amplitudo yang bervariasi.
Contoh sinyal analog adalah pada listrik PLN,Sinyal pada jaringan telepon,dan modem.
b. Signal Digital






Signal digital atau biasa disebut signal diskret merupakan signal yang tersusun atas dua keadaan yaitu 0 dan 1. Contoh penggunaan signal analog adalah pada komputer.
Penggunaan sinyal analog dan digital
-Komputer mengirim signal digital ,kemudian modem mengubah menjadi signal analog. Signal analog ini mengalir pada jaringan telepon. Signal analog diubah menjadi signal digital oleh modem kepada komputer penerima. Proses ini disebut “Modulation/Demodulation”.
SKALA JARINGAN
1. PAN(Personal Area Network)
Jaringan komputer yang yang jangkauan komunikasinya berdekatan.Jangkauan PAN biasanya meluas hanya sekitar 10 m.

Contoh Penggunaan Jaringan PAN

  • Menghubungkan HP dengan Laptop menggunakan Bluetooth.
  • Menghubungkan mouse dengan Laptop menggunakan Bluetooth.
  • Menghubungkan Printer dengan Laptop menggunakan Bluetooth
2. LAN(Local Area Network)
Jaringan area lokal (LAN) adalah jaringan yang menghubungkan komputer dan perangkat di wilayah geografis terbatas seperti rumah, sekolah, laboratorium komputer, gedung kantor, atau bangunan berdekatan.






3. MAN(Metropolitan Area Network)
Sebuah jaringan area metropolitan (MAN) adalah jaringan yang menghubungkan dua atau lebih jaringan area lokal atau jaringan area kampus bersama-sama tetapi tidak melampaui batas-batas kota langsung / kota.









4. WAN(Wide Area Network)
Sebuah jaringan area luas (WAN) adalah jaringan komputer yang mencakup daerah geografis yang luas seperti kota, negara, atau bahkan rentang jarak antar benua, menggunakan saluran komunikasi yang menggabungkan berbagai jenis media seperti saluran telepon, kabel, dan gelombang udara.









5. GAN (Global Area Network)
jaringan area global (GAN) adalah jaringan yang digunakan untuk mendukung komunikasi mobile di sejumlah LAN nirkabel, area cakupan satelit (satellite coverage area), dll.









INTERNET,INTRANET DAN EXTRANET
Internet adalah sistem jaringan interkoneksi global antara pemerintah, akademisi, jaringan komputer perusahaan, private, dan masyarakat. Hal ini didasarkan pada teknologi jaringan Internet Protocol Suite, penerus dari Advanced Research Projects Agency Network (ARPANET) yang dikembangkan oleh DARPA milik Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Internet juga merupakan tulang punggung komunikasi yang mendasari World Wide Web (WWW).
Intranet adalah seperangkat jaringan, dengan menggunakan Protokol Internet dan perangkat berbasis IP seperti web browser dan aplikasi transfer file, yang berada di bawah kendali badan administrasi tunggal. Entitas administratif menutup intranet untuk orang lain dan mengkhususkan untuk pengguna yang berwenang. Umumnya, intranet adalah jaringan internal organisasi, perusahaan. Sebuah intranet yang besar biasanya akan memiliki minimal satu server web untuk menyediakan pengguna dengan informasi organisasi.
Extranet adalah sebuah jaringan yang dibatasi dalam ruang lingkup (misalnya perusahaan) tetapi juga diperluas ke pengguna di luar perusahaan, misalnya melalui Internet. Biasanya menyediakan akses terbatas terhadap intranet suatu perusahaan untuk keperluan bisnis/edukasi.
E. HASIL YANG DIDAPATKAN
-Sadar mengenai pentingnya pembelajaran dari dasar.
-Mengetahui bilamana telekomunikasi dan jaringan tidak ada.
F. TEMUAN MASALAH
Sulit memahami mengenai dasar dasar mengenai telekomunikasi dan jaringan karena terbiasa langsung pada point point permasalahan.
G. KESIMPULAN
Telekomunikasi dan jaringan merupakan perkembangan awal sebuah komunikasi yang sederhana. Perkembangan telekomunikasi dan jaringan bertujuan untuk mempermudah proses komunikasi jaraj jauh. Sehingga telekomunikasi tidah bisa pisah dari kehidupan manusia.
H. REFERENSI
https://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_telekomunikasi

0 Response to "TELEKOMUNIKASI DAN JARINGAN 1||SUKMA.W"

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Comments

Popular Posts

Followers

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel