EVALUASI SETIAP SEKOLAH||SUKMA.W


A. PENDAHULUAN

Assalamualaikum wr.wb  
    Selamat pagi,teman-teman semua. Pada prakeri pada hari sabtu ini,evaluasi diadakan sangat berbeda. Evaluasi kali ini,langsung di lakukan oleh Mbah Suro dan Mas Rojez.Evaluasi ini dilakukan secara bertahab. Setiap sekolahan bergantian menuju ke ruangan BLC 1. Sekolah kami pada saat itu maju pertama ke BLC satu,jadi perasaan kami sangat takut dan gemetar.

1. PENGERTIAN
      Evaluasi adalah hal yang sangat dibutuhkan untuk menentukan hasil dari kegiatan yang telah kita lakukan. Dengan evaluasi kekurangan dalam kinerja dapat diperbaiki pada kenierja berikutnya. 

2.LATAR BELAKANG
       Kekurangan ataupun hasil yang kurang memuaskan memang hal yang lumprah pada hasil akhir suatu kegiatan. Dengan adannya kekurangan tersebut justru menjadi pengalaman dan perbaikan untuk kegiatan selanjutnya.  Evaluasi menjadi salah satu cara yang efisien untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dengan evaluasi permasalahan akan mendapat kritikan dan saran dari semua anggota tersebut termasuk atasan.

3. MAKSUD DAN TUJUAN
Dengan adanya evaluasi kita akan mengetahui di mana letak kesalahan maupun kekurangan dari hasil kerja yang telah kita lakukan .

4. HASIL YANG DIHARAPKAN
Menjadi tolak ukur dan batasan dalam melakukan suatu pekerjaan.

B. ALAT DAN BAHAN
-
C.JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
Hari:Sabtu
Tanggal:4 Mei 2019
Jam:13.00-16:00 WIB

D. PEMBAHASAN
Dalam evaluasi ini ada beberapa pertanyaan yang dilontarkan oleh Mas Rojez. Diantaranya:
1. Apa yang kalian tahu tentang prakerin?
2. Apa yang membuat kalian nyaman atau tidak nyaman?
3. Apa yang kalian tahu tentang BLC Telkom?
4. Apa yang sudah kalian lakukan selama 4 bulan di sini?
5. Apa kalian sudah pacaran,jika belum adakah perasaan ingin pacaran seperti teman-teman yang lain.

 Sesuai dengan evaluasi kemarin saya akan menulis tetang jawaban-jawaban yang telah benar atau sesuai dengan jawaban Mbah Suro dan Mas Rojez.

1. PRAKERIN
 Prakerin atau praktek kerja industri merupakan bentuk kegiatan yang bertempat di lingkungan langsung. Prakerin merupakan implementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan sekolah dengan penguasaan keahlian yang di peroleh melalui kegiatan kerja langsung di dunia industri.  
Kegiatan prakerin wajib dilaksanakan oleh siswa SMK sesuai dengan kejuruan dengan maksud agar mendapatkan pengalaman kerja sebelum masuk pada dunia kerja yang sesungguhnya.
  Tujuan dari prakern antara lain:
a. mengenalkan siswa tentang dunia usaha
b. Meningkatkan sikap profesional dalam mempersiapkan dunia kerja.
c. Meningkatkan daya kreasi dan produktifitas siswa

2. Disini saya nyaman
Rasa nyaman di sini timbul karena disini endapatkan pengarahan dan pembelajaran tenttang karakter dari yang paling dasar. Paling dasar yaitu mengutamakan softskill,contohnya tentang kepribadian wanita dan bekal yang harus dimiliki wanita untuk kehidupan kedepannya nanti, menumbukan sikap komitmen,konsisten dan kontinou dalam mengadapi dunia industri.

3. BLC Telkom Klaten
Merupakan salah satu tempat pelatihan internet dan komputer untuk masyarakat secara luas. Masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas yang ada di tempat tersebut sesuai dengan kesepakatan. 

4. Kegiatan selama 4 bulan
   Kegiatan yang kami lakukan selama 4 bulan kemarin adalah masuk pada networking dari yang paling dasar,seperti OSI Layer,TCP/IP, pengenalan mikrotik, praktek konfigurasi mikrotik, dan sampai sekarang mulai masuk ke server. Dari semua kegiatan tersebut,kita memang mulai paham dan mengerti tantang TKJ tentang dari pada sebelumnya. Namun kesalahan besar kami selama 4 bulan kemarin adalah kurangnya koordinasi dengan atasan,sehingga pekerjaan kami selama 4 bulan kemarin dianggap tidak maksimal. Karena syarat utama dalam bekerja adalah koordiansi dengan atasan.

5. Pacaran atau tidak
   Selain pertanyaan umun seperti diatas,kami juga ditanya mengenai pacaran. Pacaran memang rata-rata menjadi pengaruh siswa tidak fokus dalam bekerja. Kebanyakan alasan pacaran adalah untuk menumbuhkan semangat hidup. Bukan itu,justru pacaran akan mempengaruhi fikran kita dan menjadikan kita sebagai budak dalam melakukan segala hal. Apa yang di maksud budak? Budak maksudnya adalah ibaratnya fikiran kita akan diambila alih atau dikendalikan orang lain. Pacarn juga menimbulkan fikiran-fikiran jorok atau menimbulkan nafsu yang besar. Nafsu memang lumrah dalam manusia,tetapi alangkah baiknya bila kita bisa mengendalikan fikiran kita.

E. HASIL YANG DIDAPATKAN
Menemukan permasalah yang selama prakerin di sini dan menjadiikan masalah tersebut sebagai intropeksi dan tolak ukur untuk kedepannya.

F. TEMUAN PERMASALAHAN
Pada evaluasi ini ternyata banyak kesalahan dalam mendefinisikan tentang prakerin dan tugas yang harus dilakukan sebagai siswa prakerin.

G. KESIMPULAN
Jadi,sebagi siswa prakerin kita harus mengetahu tugas utama kita dan tujuan kita dalam mengikuti prakerin itu adalah bekerja dari industri dan untuk industri,sehingga selama prakerin kita harus bisa mengasilkan output atau feedback untuk pihak industri.
I. REFERENSI
-

0 Response to "EVALUASI SETIAP SEKOLAH||SUKMA.W"

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Comments

Popular Posts

Followers

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel