EVALUASI KEGIATAN||SUKMA.W

A. PENDAHULUAN
Assalamualaikum wr.wb
Hallo teman-teman semua. Tidak terasa ternyata sudah hari sabtu. Seperti biasa,pada hari sabtu ini kegiatannya evaluasi. Pada evaluasi kali ini,saya dan dua teman saya langsung konsultasi dengan Mbah. Jadi,evaluasi sabtu ini,menghasilkan output yang sangat berharga.

1. PENGERTIAN
Evaluasi adalah hal yang sangat dibutuhkan untuk menentukan hasil dari kegiatan yang telah kita lakukan. Dengan evaluasi kekurangan dalam kinerja dapat diperbaiki pada kenierja berikutnya. 

2. LATAR BELAKANG DAN BATASAN PERMASALAHAN
   Kekurangan ataupun hasil yang kurang memuaskan memang hal yang lumprah pada hasil akhir suatu kegiatan. Dengan adannya kekurangan tersebut justru menjadi pengalaman dan perbaikan untuk kegiatan selanjutnya.  Evaluasi menjadi salah satu cara yang efisien untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dengan evaluasi permasalahan akan mendapat kritikan dan saran dari semua anggota tersebut termasuk atasan.

3. MAKSUD DAN TUJUAN
Memperoleh saran dan masukan dari kerja yang telah dilakukan.

4. HASIL YANG DIHARAPKAN
 Bisa menjadikan pengalaman untuk pekerjaan selanjutnya.

B. ALAT DAN BAHAN

C.JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
Hari:Sabtu
Tanggal:27 April 2019
Jam:13.00-16:00 WIB

D. PEMBAHASAN
       Dalam evaluasi kali  saya bersama dua teman saya,linda dan wuri  langsung konsultasi dengan Mbah Suro. Pada saat itu kami meminta arahan kepada mbah mengenai projek selanjutnya. Namun saat itu Mbah suro belum bisa memberi arahan,karena kita belum memiliki tujuan yang jelas. Ibaratnya kita mau pergi kesuatu tempat,tapi kita bingung tidak tahu jalannya. bagaimana orang mau memberi  tahu jalannya,kalau kita belum mempunyai tujuan yang pasti.berarti sebelum meminta arahan untuk kedepannya,kita harus memiliki tujuan yang jelas. Dengan memiliki tujuan yang jelas,kita tinggal mencari arah jalannya dan memilih cara untuk kedepannya.

     Dalam evaluasi ini,kita dianggap lebih buruk dari dari kuli bangunan. Kenapa? karena disini kita kerja tanpa adanya koordinasi dari atasan. Kuli banguna aja ketika datang ke tepat kerja,langsung koordinasi dengan atasan. koordinasi tentang apa saja yang harus dikerjakan dan ketika kerjaan tersebat selesai,mereka juga koordinasi tentang hasil dan hambatan selama pekerjaan tersebut.

     Mbah juga bilang kita harus memiliki satu tujuan dan arah yang jelas. Jangan mudah terpengaruh dengan sekitar. Karena ibarat kita akan menuju ke jakarta,kita harus melewati Yogyakarta. Saat di Yogyakarta terdapat wisata yang bagus,sehingga kita mampir ke sana dan lupa tujuan utama kita. Jadi,apabila kita ingin yang lain,kita harus melewati tujuan utama kita dahulu.
     Untuk arahan tahab-tahab dalam bekerjanya,Mba memberikan saran untuk mengacu pada SKKNI. Dalam SKKNI semua sudah tercantum sacara lengkap dan tersruktur. Dari SKKNI juga sudah sesuai dengan standar yangs sesuai dengan Indonesia.

E. HASIL YANG DIDAPATKAN
Dari evaluasi tersebut saya mendapat saran dari Mbah,agar selalu komitmen pada satu tujuan yang diinginkan dan sesuai dengan SSKNI.

F. TEMUAN PERMASALAHAN
Kerja saya selama seminggu,loncat-loncat,atau belum tersruktur dikarenakan mudah terpengaru dengan teman lain.

G. KESIMPULAN
Jadi dari evaluasi dengan Mbah Suro kemarin,dapat diambil kesimpulan bahwa kita harus selalu komitmen,konsisten dan kontinou pada satu tujuan.
I. REFERENSI
-

0 Response to "EVALUASI KEGIATAN||SUKMA.W"

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Comments

Popular Posts

Followers

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel