Pengalaman Singkat IT Voluntir||SUKMA.W


PERBEDAAN,HUB ,SWITCH,DAN ROUTER
A. PENDAHULUAN 


Assalamualaikum wr.wb
Alhamdullilah hari ini,saya selesai menjalan tugas IT voluntir dan kembali ke tempat asal yaitu BLC Telkom Klaten. Kali ini saya akan menceritakan singkat saya selama mengikuti It Voluntir. Selain pengalaman,saya akan memberikan motivasi bagi kalian semua.

1. PENGERTIAN
Pengalaman merupakan hal yang tidak bisa dilupakan. Dengan pengalaman tersebut,mampu menjadikan modal kita dalam menjalani kehidupan kedepannya. Sehingga pengalaman sangat mempengaruhi rencana keidupan kalian semua kedepannya.

2. LATAR BELAKANG DAN BATASAN PERMASALAHAN
Pengalaman yang kita punya sebaiknya selalu kita bagikan dengan orang lain.  Dengan membagkan pengalaman yang didapat tidak akan mengurangi yang telah di dapat. Sebenarnya tujuan utama pengalaman adalah untuk memotivasi dan orang lain. jadi semakain banyak pengalaman yang kita dapat,maka akan semakin bermanfaat bagi kita dan orang lain baik sekarang maupun nanti.

3. MAKSUD DAN TUJUAN
-berbagi pengalaman
-memotivasi diri dan orang lain

4. HASIL YANG DIHARAPKAN
mampu menumbuhkan kesadaran  dan mengintropeksi diri dan orang lain untuk menjadi yang lebih baik.

B. ALAT DAN BAHAN
-
C.JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
Hari:Senin
Tanggal:25 Maret 2019
Jam:13.00-16:00 WIB

D. PEMBAHASAN

Setelah dua bulan disini,alhamdullilah saya mendapat pengalaman yang sangat berharga. Pengalaman tersebut adalah tugas untuk melaksanakan IT VOLUNTIR di SMPN 3 Mojosongo. Kegiatan tersebut dilaksanakan 8 anak dari BLC Telkom.Sebelum berangkat ke sana,kami diberikan pembekalan selama 1 minggu. Pembekalan tersebut menyangkut tujuan,target,sasaran dan metode pembelajaran yang akan dilakukan disana.


PELATIHAN PEMBUATAN DESAIN
       Dengan fakta yang ada di SMPN 3 Mojosongo,kegiatan pelatian dan edukasi teknologi komputer memang sangat diperlukan. Hal tersebut terlihat pada banyaknya guru dan siswa yang tidak bisa menggunakan komputer dan mengoperasikannya. Bahkan ada guru yang tidak bisa menggunakan komputer sama sekali.
Selama di sana saya bertemu dengan seorang yang yang sangat berharga yaitu Bu Titik. Salah satu perkataannya yang masih saya ingat hingga sekarang adalah “Jadi orang penting itu baik,tetapi lebih penting menjadi orang yang baik”. Perkataan tersebut sangat berarti dan membuat saya berfikir bahwa menjadi orang penting itu memang baik,tetapi juga harus mampu bermanfaat untuk orang lain. Apabila kita tidak bisa menjadi orang penting,jadilah orang yang baik dan bermanfaat bagi orang lain. Mbah uti juga selalu berpesan bahwa jangan menjadi wanita yang  selalu direndahkan,tetapi wanita harus bangkit. Jangan mengandalkan lelaki. Jadilah wanita yang kuat dan memiliki karir.
       Pada kegiatan IT Voluntir ini,salah satu targetnya adalah pelatihan pembuatan poster.Sesuai dari pengajuan dari kepala sekolah,pelatihan ini salah satunya difokuskan pada siswa yang akan mengikuti lomba desain grafis. Sesuai dengan ketentuan lomba,Pembuatan desain ini menggunakan aplikasi Adope Photoshop atau Corel Draw dengan tema Tempat wisata.
       Satu minggu pertama di sini,saya mengajar siswa yang akan mengikuti lomba Desain Grafis.Dalam pelatihan Desain Grafis ini,hal yang paling utama adalah pengenalan fitur yang ada dalam aplikasi. Sehingga apabila siswa sudah mengenal fitur dalam aplikasi corel maupun Photoshop,maka siswa akan mudah dalam membentuk objek sesuai dengan kreatifitas siswa.
        Pada awal praktek ,siswa sulit dalam dalam proses pembuatan gambar. Maklumlah,karena ternyata itu pertamakalinya siswa tersebut menggunkan aplikasi Photoshop dan Coreldraw. Bahkan tangan siswa masih kaku dalam pengoperasian komputer,karena belum terbiasa menggunakan komputer.

       Dengan adanya pelatihan desain ini,bertujuan agar siswa mengenal salah satu aplikasi editor gambar,bisa membuat gambar maupun poster dengan teknologi aplikasi,dan siap dalam menghadapi lomba desain grafis.

Untuk mempermudah proses penyampaian proses pembelajaran ini,maka dibuatlah modul sederhana “Pembuatan Poster pada Aplikasi Adobe Photoshop”.

E. HASIL YANG DIDAPATKAN
-bisa memotivasi orang lain
-memberikan pengalaman IT voluntir bagi yang belum sempat ikut

F. TEMUAN PERMASALAHAN
Kurangnya kesadaran orang lain untuk mengargai pengalaman orang lain.

G. KESIMPULAN
Jadi hal yang sangat berharga,tidak datang dua kali dan tidak bisa dibeli adalah kesempatan untuk memperoleh pengalaman. Karena dengan pengalaman mampu membekali kita dalam menghadapi kehupan kedepannya.

I. REFERENSI

0 Response to "Pengalaman Singkat IT Voluntir||SUKMA.W"

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Comments

Popular Posts

Followers

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel