IT VOLUNTEERS HARI PERTAMA||SUKMA.W

A. PENDAHULUAN
Assalamualaikum wr.wb
Hallo teman-teman semua. Setelah satu minggu pembekalan bersama Mbah Suro,akhirnya kita berangkat menuju ke SMPN 3 Mojosongo untuk melaksanakan tugas kami. Seperti apakah kegiatan disana? Saya akan menceritakan pengalaman dan tugas-tugas saya selama disana.

1. PENGERTIAN
IT volunteers merupakan salah satu kegiatan belajar mengajar dibidang IT atau teknologi kepada masyarakat yang membutuhkan secara sukarela dan ikhlas. Kegiatan IT Volunteers ini sudah diadakan oleh BLC Telkom Klaten sejak beberapa tahun lalu. Mulai dari mengajar mesyarakat desa hingga guru dan siswa di sekolah.

2. LATAR BELAKANG DAN BATASAN PERMASALAHAN
Di lihat dari banyaknya guru dan siswa yang masih awam tentang penggunaan teknolgi yang semakin modern ini,membuat SMPN 3 Mojosongo masih ketinggalan atas kemajuan teknologi. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan suatu usaha yang dapat membalikkan keadaan tersebut,sehingga tidak terlarut dengan hal-hal yang masih ketinggalan dengan zaman.

3. MAKSUD DAN TUJUAN
Untuk menciptakan SMPN 3 Mojosongo menjadi sekolah yang maju dengan berbasis IT.

4. HASIL YANG DIHARAPKAN
-Mampu mengoptimalkan penggunaan internet atau google.
-Mampu meningkatkan inrastruktur jaringan sekolah.
-Mampu menjadikan website sekolah sebagai sarana perkembangan sekolah.

B. ALAT DAN BAHAN
-Laptop
-Modul Pembelajaran

C.JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
2 minggu

D. PEMBAHASAN

#Hari Pertama#
          
           Pada hari senin,tepatnya tanggal 11 Maret 2019,kami berangkat ke SMPN 3 Mojosongo. Karena kami menginap disana,jadi kami membawa perlengkapan kebutuhan pribadi. Karena egoisnya kami,sampai lupa tidak membawa peralatan kerja,jadi alamat kita berdelapan mendapat teguran. Teguran itu memang pantas untuk kami dapatkan,karena kami tidak bekerja secara profesional. Namun dibalik semua itu, bisa menjadikan pengalaman kita kedepannya. Kedepannya jangan mementingkan diri sendiri,tetapi harus tahu apa yang harus diprioritaskan untuk mencapai tujuan awal.
            Sampai di sana kami langsung menuju ke ruang kepala sekolah. Di ruangan tersebut kami mendapat pengarahan dari Pak Dawami. Beliau menyampaikan tentang ketentuan-ketentuan yang harus diikuti selama di sekolah ini. Seperti yel-yel dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.
          Kemudian kami di bawa ke ruang untuk tidur kami nantinya. Cewek mendapat kesempatan untuk memilih tempat tidur. Ada dua pilihan ruang, yaitu ruang OSIS dan ruang UKS. Cewek-cewek memilih ruang UKS,sehingga cowok mendapat ruangan OSIS. Ruangan tersebut awalnya kurang nyaman karena belum ada penerangan dan masih kotor. Namun selesai dibersihkan setidaknya layak untuk kita tidur.
           SMPN 3 Mojosongo memang terlihat seperti bangunan yang lama,tetapi
memiliki area yang sangat luas. Sebenarnya sekolah tersebut memiliki lingkungan yang indah,hanya saja menurut saya kurang perawatan. Fasilitas di SMPN 3 Mojosongo bisa dikatakan lengkap,mulai dari ruangan dan fasilitas komputer dan fasilitas untuk kegiatan siswa. Namun, fasilitas yang lengkap tersebut belum dimanfaatkan secara maksimal.
        Dengan fakta yang ada di SMPN 3 Mojosongo,kegiatan pelatihan dan edukasi teknologi komputer memang sangat diperlukan. Hal tersebut terlihat pada banyaknya guru dan siswa yang tidak bisa menggunakan komputer dan
mengoperasikannya. Bahkan ada guru yang tidak bisa menggunakan komputer sama sekali.
       

0 Response to "IT VOLUNTEERS HARI PERTAMA||SUKMA.W"

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Comments

Popular Posts

Followers

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel