PERAN GURU PEMBIMBING||SUKMA.W
A. PENDAHULUAN
Assalamualaikum
wr.wb
Pada hari ini ada pembahasan penting mengenai pentingnya peran guru
pembimbing bagi siswa. Tak hanya itu hari ini merupakan hari pertama
kami mendapatkan masalah,sehingga mbah marah besar terhadap kami.
1. PENGERTIAN
Tugas guru adalah menjaga, mengarahkan dan membimbing agar siswa
tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi, minat dan bakatnya.
Inilah makna peran sebagai pembimbing. Peran
guru sebagai pembimbing adalah terletak pada kekuatan intensitas
hubungan interpersonal antara guru dengan siswa yang dibimbingnya.
2.LATAR BELAKANG DAN BATASAN PERMASALAHAN
Sebenarnya peran pembimbing sangat penting bagi perkembangan siswa
siswi selama prakerin. Namun dilihat dari faktanya,justru kebanyakan
guru kurang aktif terhadap pembimbing instansi,begitu juga siswa yang
kurang komunikasi terhadap guru pembimbing maupun instansi.
3. MAKSUD DAN TUJUAN
-Memperbaiki hal hal yang masih menyimpang dengan tujuan siswa.
-Membangun komunikasi antara siswa,guru pembimbing,dan pembimbing
instansi.
4. HASIL YANG DIHARAPKAN
Diharapkan komunikasi terus aktif antara guru,pembing intansi dan
siswa,sehingga guru mengetahui perkembangan siswanya selama
praakerin.
B. ALAT DAN
BAHAN
C. JANGKA
WAKTU PELAKSANAAN KEGIATAN
Hari : Senin
Tanggal : 28 Januari 2019
Jam : 08.00-16.00
D. PEMBAHASAN
Dengan
adanya pembimbing instansi,bukan berarti guru menyerahkan siswa
prakerin secara sepenuhnya. Justru,pembimbing intansi hanya perantara
antara guru dengan siswa.oleh karena itu,guru tidak bisa lepas dari
perannya sebagai penanggung jawab.
Peran aktif guru tersebut akan membuat siswa tahu tujuan yang
akan dicapai selama prakerin. Selain itu,guru juga akan mengetahui
perkembangan siswa atau jika terjadi masalah selama prakerin.
Agar guru dapat
mengoptimalkan perannya sebagai pembimbing, berikut ini beberapa hal
yang perlu diperhatikan:
-
Guru harus mempunyai pemahaman tentang anak yang sedang dibimbingnya. Misalnya pemahaman tentang gaya dan kebiasaan belajar serta pemahaman tentang potensi dan bakat yang dimiliki anak, dan latar belakang kehidupannya. Pemahaman ini sangat penting, sebab akan menentukan teknik dan jenis bimbingan yang harus diberikan kepada mereka.
-
Guru dapat memperlakukan siswa sebagai individu yang unik dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar sesuai dengan keunikan yang dimilikinya.
-
Guru seyogyanya dapat menjalin hubungan yang akrab, penuh kehangatan dan saling percaya, termasuk di dalamnya berusaha menjaga kerahasiaan data siswa yang dibimbingnya, apabila data itu bersifat pribadi.
-
Guru senantiasa memberikan kesempatan kepada siswanya untuk mengkonsultasikan berbagi kesulitan yang dihadapi siswanya, baik ketika sedang berada di kelas maupun di luar kelas.
-
Guru sebaiknya dapat memahami prinsip-prinsup umum konseling dan menguasai teknik-tenik dasar konseling untuk kepentingan pembimbingan siswanya, khususnya ketika siswa mengalami kesulitan-kesulitan tertentu dalam belajarnya.
E. HASIL YANG DIDAPATKAN
-Menumbuhkan kesadaran mengenai tanggung jawab guru pembimbing.
-Membangun komunikasi siswa prakerin.
F. TEMUAN MASALAH
Banyak siswa yang tidak mengetahui tujuan prakerin,dengan alasan
kurangnya komunikasi dari pihak sekolah.
G. KESIMPULAN
Jadi,Guru pembimbing memiliki peran yang sangat penting terhadap
perkembangan siswa selama prakerin. Guru pembimbing juga mendorong
siswanya untuk mencapai tujuan akan dicapai.
H. REFERENSI
0 Response to "PERAN GURU PEMBIMBING||SUKMA.W"
Post a Comment