PERAN GURU PEMBIMBING||SUKMA.W

A. PENDAHULUAN
Assalamualaikum wr.wb
          Pada hari ini ada pembahasan penting mengenai pentingnya peran guru pembimbing bagi siswa. Tak hanya itu hari ini merupakan hari pertama kami mendapatkan masalah,sehingga mbah marah besar terhadap kami.
1. PENGERTIAN

        Tugas guru adalah menjaga, mengarahkan dan membimbing agar siswa tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi, minat dan bakatnya. Inilah makna peran sebagai pembimbing. Peran guru sebagai pembimbing adalah terletak pada kekuatan intensitas hubungan interpersonal antara guru dengan siswa yang dibimbingnya.
2.LATAR BELAKANG DAN BATASAN PERMASALAHAN
           Sebenarnya peran pembimbing sangat penting bagi perkembangan siswa siswi selama prakerin. Namun dilihat dari faktanya,justru kebanyakan guru kurang aktif terhadap pembimbing instansi,begitu juga siswa yang kurang komunikasi terhadap guru pembimbing maupun instansi.
3. MAKSUD DAN TUJUAN
-Memperbaiki hal hal yang masih menyimpang dengan tujuan siswa.

-Membangun komunikasi antara siswa,guru pembimbing,dan pembimbing instansi.
4. HASIL YANG DIHARAPKAN
Diharapkan komunikasi terus aktif antara guru,pembing intansi dan siswa,sehingga guru mengetahui perkembangan siswanya selama praakerin.
B. ALAT DAN BAHAN
C. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN KEGIATAN
Hari : Senin
Tanggal : 28 Januari 2019
Jam : 08.00-16.00
D. PEMBAHASAN
                 Dengan adanya pembimbing instansi,bukan berarti guru menyerahkan siswa prakerin secara sepenuhnya. Justru,pembimbing intansi hanya perantara antara guru dengan siswa.oleh karena itu,guru tidak bisa lepas dari perannya sebagai penanggung jawab.

            Peran aktif guru tersebut akan membuat siswa tahu tujuan yang akan dicapai selama prakerin. Selain itu,guru juga akan mengetahui perkembangan siswa atau jika terjadi masalah selama prakerin.

Agar guru dapat mengoptimalkan perannya sebagai pembimbing, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Guru harus mempunyai pemahaman tentang anak yang sedang dibimbingnya. Misalnya pemahaman tentang gaya dan kebiasaan belajar serta pemahaman tentang potensi dan bakat yang dimiliki anak, dan latar belakang kehidupannya. Pemahaman ini sangat penting, sebab akan menentukan teknik dan jenis bimbingan yang harus diberikan kepada mereka.
  2. Guru dapat memperlakukan siswa sebagai individu yang unik dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar sesuai dengan keunikan yang dimilikinya.
  3. Guru seyogyanya dapat menjalin hubungan yang akrab, penuh kehangatan dan saling percaya, termasuk di dalamnya berusaha menjaga kerahasiaan data siswa yang dibimbingnya, apabila data itu bersifat pribadi.
  4. Guru senantiasa memberikan kesempatan kepada siswanya untuk mengkonsultasikan berbagi kesulitan yang dihadapi siswanya, baik ketika sedang berada di kelas maupun di luar kelas.
  5. Guru sebaiknya dapat memahami prinsip-prinsup umum konseling dan menguasai teknik-tenik dasar konseling untuk kepentingan pembimbingan siswanya, khususnya ketika siswa mengalami kesulitan-kesulitan tertentu dalam belajarnya.


E. HASIL YANG DIDAPATKAN
-Menumbuhkan kesadaran mengenai tanggung jawab guru pembimbing.

-Membangun komunikasi siswa prakerin.
F. TEMUAN MASALAH
Banyak siswa yang tidak mengetahui tujuan prakerin,dengan alasan kurangnya komunikasi dari pihak sekolah.
G. KESIMPULAN
Jadi,Guru pembimbing memiliki peran yang sangat penting terhadap perkembangan siswa selama prakerin. Guru pembimbing juga mendorong siswanya untuk mencapai tujuan akan dicapai.
H. REFERENSI



0 Response to "PERAN GURU PEMBIMBING||SUKMA.W"

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Comments

Popular Posts

Followers

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel