FITUR-FITUR PADA HOTSPOT MIKROTIK||SUKMA.W

EVALUASI MINGGUAN
A. PENDAHULUAN
Assalamualaikum wr.wb
Okey kawan-kawan semua,terimakasih sudah membuka blog ini. Pada blog kali
 ini saya kan menulis tentang fitur-fitur yang ada pada hotspot mikrotik. Semoga bermanfaat bagi kalian ya.


1. PENGERTIAN

     Untuk membangun sistem authentikasi pada Hotspot, sebenarnya Hotspot merupakan gabungan dari fungsi Proxy, Firewall, DNS, DHCP dan lain-lain. Tetapi anda untuk membuat sebuah hotspot server tidak perlu khawatir akan kekomplekan fungsi tersebut karena di Mikrotik anda diberikan "Bantuan" dalam bentuk Setup Wizard untuk membuatnya. Selain authentikasi, Hotspot pada Mikrotik juga mempunyai banyak fitur yang cukup menarik untuk diimplementasikan di jaringan anda.

2.LATAR BELAKANG
       Sudah banyak yang mengimplementasikan fitur Hotspot Mikrotik di lapangan, mungkin anda salah satunya. Kebanyakan orang menyebut jika terdapat akses internet yang disebarkan via wireless di public area (cafe,mall,dsb) itu adalah layanan hotspot, sedangkan sebenarnya hotspot di mikrotik adalah sebuah system untuk memberikan fitur autentikasi pada user yang akan menggunakan jaringan. Jadi untuk bisa akses ke jaringan, client diharuskan memasukkan username dan password pada login page disediakan.

3. MAKSUD DAN TUJUAN
Membangun sistem autentifikasi pada hotspot mikrotik.
      
4. HASIL YANG DIHARAPKAN
-Diharapkan tidak hanya mampu konfigurasi hotspot,tetapi juga paham tentang fitur-fitur pada mikrotik. Salah satunya hotspot.
B. ALAT DAN BAHAN
-Laptop

C.JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
Hari:Kamis
Tanggal:25 April 2019
Jam:13.00-22.00 WIB(Beserta istirahat)

D. PEMBAHASAN 
1. LIMITASI
Apabila anda sebagai hotspot server di jaringan, anda nanti bisa melakukan limitasi berdasarkan berapa lama user akses jaringan (uptime), kecepatan akses (data rate), banyak data yang sudah digunakan (quota based), bahkan kebijakan policy firewall.


2. PLUG AND PLAY CONECTIVITY
Dengan user plug and play,User bisa menggunakan sembarang IP statik di perangkatnya atau DHCP, nanti secara otomatis hotspot server akan melakukan one to one nat agar client tersebut bisa akses ke jaringan kita.

3.BYPASS
Bypass maksudnya untuk akses ke hotspot tidak perlu lagi memasukkan username dan password pada login hotspot. Untuk perangkat-perangkat yang ingin anda bypass , anda bisa menggunakan fitur yang namanya IP Binding.

4.ADVERTISEMENT
Digunakan untuk menampilkan popup halaman sebuah web ke user anda dan popup-popup yang akan muncul bisa anda atur intervalnya.

5. USER TRIAL
Hotspot pada mikrotik memiliki fitur Trial, yang bisa dimanfaatkan untuk memberikan akses Internet Gratis pada pelanggan tanpa kita memberikan username dan password. Pelanggan tidak perlu memasukkan username dan password cukup klik tombol pada portal pertama saat terkoneksi dengan wireless AP kita.

6.VOUCER
user manager adalah salahj satu fitur dari mikrotik routerboard, yang digunakan untuk mengatur user dan bisa juga di implementasikan dengan yang lain, salah satunya adalah untuk membuat voucher untuk client agar bisa terhubung dan conect dengan hotspot mikrotik kita


E. HASIL YANG DIDAPATKAN
-Mengetahui fitur-fitur yang ada pada hotspot mikrotik.
F. TEMUAN PERMASALAHAN
-
G. KESIMPULAN
Dari penjelasan diatas, berarti Hotspot tidak hanya menunjuk ke jaringan wireless saja. Fitur hotspot ini bisa diterapkan di semua tipe interface jaringan seperti ethernet base.

I. REFERENSI
fitur-fitur pada mikrotik.pdf

0 Response to "FITUR-FITUR PADA HOTSPOT MIKROTIK||SUKMA.W"

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Comments

Popular Posts

Followers

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel