PENGENALAN LAMP||SUKMA.W

LAMP (Linux, Apache, MySQL dan Perl/PHP/Phyton)
A. PENDAHULUAN
Assalamualaikum wr.wb
hai teman-teman,kembali pada tulisan blog saya yang sederhana ini. Tidak terasa,selama ini saya sudah prakerin selama enam bulan ya. Saat ini saya masih tetap menulis materi yang saya dapatkan selama prakerin. Kaki saya akan menulis tentang pengenalan LAMP.


1. PENGERTIAN
LAMP merupakan singkatan dari Linux, Apache, MySQL dan Perl/PHP/Phyton. Merupakan sebuah paket perangkat lunak bebas yang digunakan untuk menjalankan sebuah aplikasi secara lengkap.

2.LATAR BELAKANG
Dalam pembuatan web server,kita harus menginstal paket LAMP. Di dalam paket LAMP terdiri dari beberapa aplikasi. Namun sebagian ada yang ada yang belum mengetahui perbedaan dan fungsi masing-masing aplikasi dalam paket LAMP. Oleh karena itu saya kan menelaskan sedikit tentang perbedaan dan fungsi masing-masing aplikasi yang ada di dalam paket LAMP tersebut.

3. MAKSUD DAN TUJUAN
Untuk menjelaskan tentang fungsi masing-masing aplikasi pada paket LAMP,yaitu fungsi Apace,mysql dan PHP. Sehingga apabila kita tahu fungsinya masing-masing,maka akn mudah memilih aplikasi apa saya yang dibutukan. 

4. HASIL YANG DIHARAPKAN
-Mampu mengetahui fungsi masing-masing aplikasi.
- Mampu mengetahui perbedaan aplikasi yang ada dalam paket LAMP.


B. ALAT DAN BAHAN
-Laptop

C.JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
Hari:Kamis
Tanggal:28 Maret 2019
Jam:13.00-16:00 WIB

D. PEMBAHASAN

 A. Linux

Linux adalah  salah satu sistem operasi yang merupakan pengembangan perangkat lunak bebas dan symber terbuka utama. Sehingga sistem operasi tersebut dapat dimodifikasi dan didistribusikan oleh siapa saja.

B. Apache
       Apache merupakan server web yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi yang sangat penting untuk melayani dan memfungsikan situs web. Apache sendiri ini menggunakan ptotokol HTTP. Apache termasuk peranngkat lunak terbuka yang dikembangkan oleh naungan Apache software Fondation.
Apache memiliki fitur yang sangat canggih,seperti pesan kesalahan yang dapat dikonfigurasi dan memiliki autentifikasi berbasis data.
       Asal mula apache ketika sebuah web server populer  yang dikembangkan pada awal 1995. Sejak April 1996 Apache menjadi server web terpopuler di   Internet. Pada tahun 1999, Apache digunakan di 57% dari semua web server di dunia. Pada  2005 persentase ini naik menjadi 71%.
 Jadi,Apache dalam paket LAMP berfungsi sebagai server web.

C. Mysql
Mysql merupakan perangkat lunak sistem management berbasis data sql.
Sql adalah bahasa yang digunakan untuk mengaakses data yang berbasis data resional. Bahasa ini secara de facto atau standar yang digunkan dalam management basis data rasional.
MySQL merupakan  implementasi dari sistem manajemen basis data relasional yang didistribusikan gratis di bawah Lisensi GPL (General Public License).  MySQL sebenarnya turunan salah satu konsep utama dalam basisdata yang telah ada sebelumnya. SQL (Structured Query Language)adalah sebuah konsep pengoperasian basisdata, terutama untuk pemilihan atau seleksi dan pemasukan data, yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan dengan mudah secara otomatis.
      Hal yang menjadikan MySQL pilihan utama sebagai database yang digunakan karena MySQL menggunakan Lisensi GPL dan multiplatform, sehingga lebih disukai para mahasiswa karena tidak membutuhkan biaya besar dalam membuat aplikasi serta tidak harus tergantung pada OS Windows ataupun Linux.
Jadi,Mysql dalam paket LAMP digunakan sebagai komponen berbasis data.

D. PHP (Hipertext Preprocessor)
          PHP adalah bahasa scrip yang ditanamkan dalam HTML. PP ering dipakai sebagi program situs web dinamis. PHP ini juga digunakan untuk membangun sebuah CMS. PHP awalnya merupakan singkatan dari Personal Home Page yang digunakan untuk mewujudkan sebuah kumpulan srip ayng digunakan untuk mengolah data formulir.
    Sintaks dasar dalam PHP hanya mengeksekusi kode yang pelah ditentukan oleh sintaks dasar PHP. Variable dalam PHP selalu diawali oleh smbol dollar($)
PHP memiliki 3 jenis sintaks sebagai komentar pada kode yaitu tanda blok / * * / , komentar 2 baris // Serta tanda pagar # digunakan untuk komentar satu baris. Komentar bertujuan untuk meninggalkan catatan pada kode PHP dan tidak akan diterjemahkan ke program.



E. HASIL YANG DIDAPATKAN
 -Paham tentang fungsi aplikasi Apache,mysql ,dan phpmyadmin
-Bisa memilih jenis atau versi apa saja yang dibutuhkan.

F. TEMUAN PERMASALAHAN
-Susah dalam memahami perbedaan aplikasi php dan mysql.

G. KESIMPULAN
Jadi semua paket LAMP memiliki fungsi yang berbeda,namun semuanya keterkaitan. Keterkaitannya,maksudnya adalah saling membutuhkan. Apabila ada salah satu aplikasi yang belum di install maka tidan biasa dibuka atau error.

I. REFERENSI
https://id.wikipedia.org/wiki/LAMP

0 Response to "PENGENALAN LAMP||SUKMA.W"

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Comments

Popular Posts

Followers

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel