SEJARAH KOMUNIKASI||SUKMA.W

A. PENDAHULUAN

Assalamualaikum wr.wb
Pada blog sebelumnya saya telah menuliskan tentang pengenalan sekilas telekomunikasi dan Jaringan,maka tidak lengkap apabila tidak menegatahui awal mula adanya komunkasi. Di blog ini kita akan menggali mengenai sejarah komunikasi dan perkembangannya sampai sekarang.

1. PENGERTIAN
Komunikasi adalah cara manusia untuk menyampaikan pendapat,informasi ataupun keinginan. Pada abad ke 5 sebelum masehi,yunani menyebut komunikasi antar manusia dikatakan retorika. Retorika adalah cara bepidato atau menyampaikan argumentasi dengan tujuan untuk mengajak sesorang agar melakukan sesuai yang diharapkan.

2.LATAR BELAKANG DAN BATASAN PERMASALAHAN
Komunikasi merupakan hal yang paling mendasar dalam membantu proses kehidupan makhluk hidup. Tanpa ada komunikasi maka makhluk hidup  akan sulit dalam melakukan proses kehidupan.Komunikasi itu bisa berupa simbol,gambar,tulisan maupun bahasa isyarat. Melihat komunikasi yang sangat penting tersebut,maka manusia terus mengembangkan proses komunikasi hingga menciptakan alat komunikasi yang sampai sekarang masih terus berkembang dan digunakan.

3. MAKSUD DAN TUJUAN
-Untuk mengetahui asal mula atau sejarah komunikasi.
-Untuk memberitahukan pentingnya komunikasi dalam proses kehidupan.

4. HASIL YANG DIHARAPKAN
-Mampu membangkitkan kepercayaan dalam komunikasi.
-Mampu mengetahui batatsan batasan dalam prose telekomunikasi.
B. ALAT DAN BAHAN
-
C. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN KEGIATAN
Hari     : Sabtu
Tanggal    :  02 Februari 2019
Jam    : 08.00-16.00

D. PEMBAHASAN
Komunikasi pertama muncul pada zaman Yunani kuno yang digagas oleh Aristoteles. Aristoteles menyebutkan komponen komunikasi adalah komunikator,pesan dan penerima. Kemudian pada zaman kekaisaran Romawi,Julius Caisar membuat papan pengumuman yang diukir logam yang dinamakan sebagai Acta Diurna.

1. Masa Prasejarah
    Pertama kali komunikasi diungkapkan melewati kata-kata oleh Bangsa Sumeria. Tulisan ini berupa simbol yang dibentuk dari piktografi sebagai huruf. Kemudian tulisan tersebut berkembang menjadi hieroglif oleh bangsa mesir kuno tahun 2900 SM. Hieroglif merupakan tulisan simbol yang berbeda. Masuk pada 500 SM,manusia mulai menggunakan serat pohon papyrus sebagai media tulisan. Media ini terus berkembang dan akhirnya Bangsa Cina berhasil menciptakan kertas.

2. Masa Modern sampai sekarang
      Mulai tahun 1455,Johan Gutenberg mengembangkan mesin cetak dengan plat huruf yang terbuat dari besi. Tahun 1830 Augusta lady byron menulis program komputer yang pertama di dunia.Ia dibantu oleh Charless babbage menggunakan mesin anlitical agar mampu memasukkan dan  mengolah data yang kemudian menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Sekitar tahun 1837  Samuel Morse mengembangkan telegraf dan kode morse. Morse menggunakan kode sederhana  untuk mewakili pesan yang dikirim. Agar telegraf dapat dugunakan untuk mngirim jarak jauh,Samuel Morse menambah perlatan relai setiap jarak 32 Km.
     Tahun 1877,telepon ditemukan oleh Alexander Graham Bell. Nomor telepon pada masa itu menggunakan sistem 2 huruf dan 5 angka. Tahun 1931,vannevar Bush membuat sebuah kalkulator. Mesin tersebut dapat digunakan untuk menyelesaikan persaman diffenensial kompleks. Tahun 1939,komputer elektronik digital pertama kali ditemukan oleh Dr. John V dan Cliffard Berry. Masuk pada tahun 1937 TCP/IP mulai muncul. Ini merupakan awal dari internetyang kita kenal sampai sekarang. Tahun 1991,IT pertama kali terjadi ketika CERN memungut bayaran dari anggotanya,sehingga mulai dikenalah internet dan istilah WWW dan berkembang hingga sekarang.

IDEOGRAFI

      Ideografi (ideogram) merupakan simbol grafis yang mewakili ide dari pada sekelompok huruf. Para ahli berpendapat bahwa ideografi ini telah dipakai sejak zaman purbakala di dataran eropa dan tetap menjadi bagian dari budaya manusia lebih dari 3000 tahun. Ideogram adalah suatu versi lanjutan dari pictogram. Ini adalah simbol visual atau grafis yang mewakili ide. Beberapa komunitas di seluruh dunia datang dengan ideogram yang bervariasi untuk mewakili ide-ide sebanyak mungkin, namun, ide-ide seperti ekspresi emosi bersifat universal di alam, sehingga ideogram banyak mengungakp ciri manusia dengan ekspresinya di masa itu. Ideografi adalah sumber awal untuk sebagian besar sistem penulisan logographic seperti naskah di Cina. Karena bahasa dibentuk dari penggambaran ide-ide, tentang bagaimana sifat garis, tentang bagaimana keterwakilan manusia dalam tulisan.

PETROGRAFI
        Piktogram pertama kali digunakan secara resmi pada Olimpiade di Inggris pada tahun 1948, dan mulai rutin digunakan sejak Olimpiade di Jepang pada tahun 1964. Karena Olimpiade dihadiri oleh berbagai peserta dari berbagai suku bangsa dan bahasa, maka penggunaan piktogram dipandang bisa memudahkan komunikasi.  Piktogram lalu digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi, menggambarkan cabang-cabang olahraga yang dilombakan. Piktogram ini digunakan pada tiket, sign system, dan lainnya, demikian sehingga peserta dengan mudah dapat mencari tempat kegiatan berlangsung.
         Sejarah Piktogram sebenarnya diawali oleh lukisan-lukisan pra sejarah. Kebudayaan Mesir, China, dan Sumeria sudah menggunakannya sejak hampir 5000 tahun silam. Tulisan China yang sampai sekarang bertahan, pada dasarnya juga penerapan piktogram.
Piktogram mudah dipahami, karena bentuknya berupaya menyederhanakan, dan tidak sekedar menyimbolkan. Kalau pada rambu lalu lintas, tanda P berarti parkir, ini bukan bahasa visual karena tidak menggambarkan kegiatan yang ingin disampaikan seperti pada piktogram. Bandingkan dengan gambar rambu orang yang sedang membawa sekop, dan di depannya terdapat siluet kumpulan pasir/tanah. Ini baru piktogram.




ALPABET

         Alfabet meruaoakan seperangkat kecil simbol, masing-masing secara kasar mewakili atau secara historis mewakili sebuah fonem dalam bahasa. Kadangkala istilah alfabet dibatasi pada sistem di mana huruf dipisahkan antara konsonan dan vocal. Seperti alfabet Latin, walaupun abjad dan abugida dapat diterima sebagai alfabet juga. Alfabet Yunani dipandang sebagai alfabet pertama di dunia.

E. HASIL YANG DIDAPATKAN
Sadar tentang pentingnya komunikasi bagi kehidupan untuk mencapai tujuan sesuai yang diharapkan.

F. TEMUAN MASALAH
Kurang tahu bahwa komunikasi sangat penting sejak awal makluk hidup diciptakan. Sehingga bayak yang egois dan kurang berkomunikasi dengan orang lain.

G. KESIMPULAN
Jadi,kita sebagai makhluk sosial tidak bisa tanpa orang lain. Sehingga dengan adanya komunikasi kita sebagai makhluk sosial akan mudah untuk  saling berinteraksi.

H. REFERENSI

0 Response to "SEJARAH KOMUNIKASI||SUKMA.W"

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Comments

Popular Posts

Followers

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel