SEJARAH MIKROTIK||SUKMA.SUK

A. PENDAHULUAN 
Assalamualaikum wr.wb
Apa kabar teman-teman? Masih diblog saya,kali ini kita akan masuk ke materi mikrotik pelan-pelan. Alangkah baiknya sebelum masuk ke teknis,kita harus mengetahui dasar-dasarnya ya teman,supaya tidak tersesat nantinya.

1. PENGERTIAN
      Apa yang kalian tahu tentang mikrotik? Pernahkah kalian melihat mikrotik? Bagi yang belum tahu sama sekali,saya akan mengenalkan sedikit. Ingat yah teman-teman,mikrotik itu adalah sebuah router. Mikrotik hanyalah sebuah vendor,sedangkan router adalah nama alatnya.

2. LATAR BELAKANG
        Dilihat dari banyaknya pengguna mikrotik di dunia,maka penting bagi kita sebagai seorang IT mampu mengenal dan menguasai mikrotik. Selain mikrotik,sebenarnya vendor lainnya juga ada. Namun apa yang membuat mikrotik banyak yang menggunakan? Akan kita bahas selanjutnya.
3. MAKSUD DAN TUJUAN
-Memberikan pengenalan tentang sejarah mikrotik
-Memberikan dasar sebelum masuk pada konfigurasi.

4. HASIL YANG DIHARAPKAN
     Diharapkan dengan adanya penyampaian pengetahuan awal tentang mikrotik ini, bisa menyiapkan diri secara matang sebelum masuk ke inti dasar mikrotik.

B. WAKTU
Hari : Rabu
Tanggal : 6 Februari 2019
Jam : 08.00-16.00 WIB

C. PEMBAHASAN

     Mikrotik adalah kependekan dari mikrotikls yang Artinya: network kecil dalam bahasa Latvia Mikrotik merupakan perusahaan kecil berkantor pusat di Latvia yang bersebelahan dengan Rusia. Pembentukannya diawali oleh John Trully dan Arnis Riekstins. JohnTrully sebenarnya berasal dari Amerika yang berimigrasi ke Latvia. Di Latvia ia bejumpa dengan Arnis, Seorang sarjana Fisika dan Mekanik sekitar tahun 1995. John dan Arnis mulai me-routing dunia pada tahun 1996.

       Misi Mikrotik adalah me-routing seluruh dunia. Mulai dengan sistem Linux dan MS-DOS yang dikombinasikan dengan teknologi Wireless-LAN (WLAN) Aeronet berkecepatan 2 Mbps di Moldova, negara tetangga Latvia, baru kemudian melayani lima pelanggannya di Latvia. Prinsip dasar mereka bukan membuat Wireless ISP (W-ISP), tetapi membuat program router yang handal dan dapat dijalankan diseluruh dunia. Latvia hanya merupakan tempat eksperimen John dan Arnis, karena saat ini mereka sudah membantu negara-negara lain termasuk Srilanka yang melayani sekitar 400 pengguna.

      Hingga kini Mikrotik terus berkembang dan kepopulerannya ini dibuktikan dengan banyaknya pengguna sistem operasi router Mikrotik di beberapa negara berkembang di dunia. Sebagai informasi dan support mereka membuat portal resmi yang bisa diakses dengan alamat www.mikrotik.com

 Apa yang membuat mikrotik banyak digunakan?
Kelebihan Mikrotik antara lain:
1. Harganya yang lebih terjangkau dari vendor router yang lain.
2. mudah dalam peremotan,seperti menggunakan aplikasi winbox.
3. Fitur fitur yang lengkap.
D. HASIL YANG DIDAPATAN
Mengetahui awal mula munculnya mikrotik hingga sampai sekarang mikrotik digunakan di dunia.

E. TEMUAN PERMASALAHAN
Banyak yang mempelajari dan menggunakan mikrotik,namun justru tidak tahu kenapa memilih mikrotik. Padahal vendor router selain mikrotik masih banyak.

F. KESIMPULAN
Mikrotik merupakan router yang diciptakan oleh perusahaan mikrotik. Diciptakannya mikrotik ini bertujuan untuk menjadikan PC biasa dapat digunakan sebagai router yang handal.
G. REFERENSI
Modul Mikrotik.Pdf

0 Response to "SEJARAH MIKROTIK||SUKMA.SUK"

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Comments

Popular Posts

Followers

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel