MENGENAL SOUND SYSTEM||SUKMA.W

PENGENALAN SOUND SYSTEM
A. PENDAHULUAN
     Assalamualaikum teman teman,semangat membaca terus ya. Di hari ke lima ini,saya membahas materi mengenai Sound system.
1. PENGERTIAN
       Sound System adalah sistem perangkat elektronik untuk mengolah  sinyal suara dan meningkatkan level suara,sehingga terjadi kelipatan gain suara yang kemudian disalurkan ke loudspeaker.
2.LATAR BELAKANG
Dilihat dari banyaknya kebutuhan manusia di bidang suara,seperti membantu menyampaikan pengumuman,sebagai hiburan dan masih banyak lagi.Sehingga, sound system sangat dibutuhkan untuk pengoperasian suara.
3. MAKSUD DAN TUJUAN
Agar peserta prakerin mampu mengetahui tentang sound system,walaupum mereka jurusan TKJ atau RPL,tidak hanya terpaku pada jurusannya masing,tetapi juga wawasan yang sangat penting di masyarakat.
4.HASIL YANG DIHARAPKAN
-Agar mengetahui proses pengaturan suara dalam sound system
-Mengetahui alat dan bahan yang ada dalam sound system
-Untuk menambah wawasan SOP dalam pengoperasian sound system
B. ALAT DAN BAHAN
*Speaker
*Microfon
*Mixer
*Kabel power
*Kabel Mikrofon
C. WAKTU
Hari : Senin
Tanggal: 12 Januari 2019
Waktu : 10.30-16.00 WIB
D. PEMBAHASAN
  Sound System adalah sistem perangkat elektronik untuk mengolah  sinyal suara dan meningkatkan level suara,sehingga terjadi kelipatan gain suara yang kemudian disalurkan ke loudspeaker.
Komponen sound sistem
1. Mixer
Mixer fungsinya untuk menampung suara dan mengatur suara yg masuk dari input seperti Mic, DVD, VCD, Laptop, Hp.





2. Equalizer
       Equalizer fungsinya untuk mengatur kembali suara yang di keluarkan mixer agar suaranya lebih enak.

3. Crosover
Crosover fungsinya untuk membagi suara yang masuk dari equalizer dan keluar ke Power amplifier, Suara yang keluar tersebut terbagi menjadi 3 bagian ada pula crosover yg bisa membagi menjadi 4 bagian.
Yang 3 bagian terdiri dari LOW(bas), MID(nada tengah biasanya untuk memperkeras dan memperlantang fokal), HIGH(nada tinggi biasanya untuk menambah suara cesss cesss yg d inginkan).
Yg 4 bagian sama saja Ada LOW MID HIGH
Tapi di 4 bagian ini terdapat tambahan SUB(subwofer, subwofer adlah nada yg lebih rendah dr low, kalo di kendang untuk menambah / memperkuat suara Dengggg.Kalo Low untuk menambah suara Dugg biar lebih terasa d Dada. Kadang pasti kalian pernah merasakan atupun mendengar sound yg bila nada Low (bas) bisa terasa ke dada. Itu karena penggabungan nada / suara Sub dan Low.

4. Power Amplifier
      Power Amplifier ialah perangkat penguat akhir untuk speaker..
Daya watt power amplifier di sesuaikan sesuai kebutuhan berdasarkan speaker yg kita gunakan
5. Speaker
Speaker berfungsi untuk mengeluarkan suara dr power amplifier.








JENIS ATAU TIPE SPEKEKER SOUND SISTEM TERBAIK DAN CARA MEMILIHNYA

1. Tentukan kebutuhan penggunaan speaker tersebut, full range artinya semua nada akan diciptakan oleh speaker ini. Dengan menggunakan jenis full range ini, nada yang tercipta tidak akan hilang, baik itu nada rendah maupun nada tinggi.
 speaker untuk digunakan dalam ruangan pilihkan jenis woofer (bukan sub woofer, karena berbeda jenis), dengan woofer maka nada rendah akan bisa terdengar dengan lebih empuk dan halus. Jika speaker ini digunakan diluar ruangan maka nada rendah akan hilang. 

2. Semakin besar diameter speaker, semakin rendah nada yang bisa dihasilkan.

3. Speaker yang mempunyai magnet besar biasanya mempunyai kualitas yang bagus, tetapi harganya biasanya juga mengikuti, artinya lebih mahal.

4. Carilah speaker dengan daya yang besar. Jangan terkecoh dengan daya besar yang tercantum dilabel (stiker). Perhatikan dengan lebih jeli lagi. Ada speaker yang mencantumkan kemampuan daya langsung di magnetnya.

Frekuensi
Frekuensi suara atau frekuensi audio yaitu getaran frekuensi yang terdengar oleh manusia dengan standard antara 20 hertz sampai dengan 20.000 hertz. Menurut sistem pendengaran manusia di bagi menjadi tiga kelompok, yaitu frekuensi infrasonik, dengan rentang 0-20 Hz, frekuensi audible, 20-20.000 Hz, dan frekuensi ultrasonik, dengan rentang > 20.000 Hz.

Macam dan bentuk  mikrofon

1. Personal Microhone Biasanya digunakan oleh personal, satu orang satu mikrofon. Contoh pengaplikasian mikrofon jenis ini seperti pada reporter, pilot, pembawa acara, pembawa berita dan yang sejenisnya.
Umumnya berukuran kecil dan dilengkapi dengan penjepit atau satu sistem yang fleksibel pada saat digunakan.

2. Recording Microphone Mikrofon jenis ini digunakan untuk recording atau rekaman. Ada banyak prores perekaman suara dan yang paling umum kita temukan yaitu pada industri musik.
Mikrofon recording dibuat dengan sangat sensitif dan sedikit noise. Tidak bisa dipastikan jenis mikrofon yang digunakan namun biasanya mikrofon kondensor atau piezoelektrik.

3. Handle Microphone Umumnya digunakan di lokasi yang luas seperti tempat terbuka, auditorium besar, dan juga pada saat upacara – upacara di lapangan.
Umumnya menggunakan jenis mikrofon dinamik yang memiliki karakteristik suara yang tebal dan dominan pada frekuensi low dan medium.
Karakteristik mikrofon yang harus diperhatikan ketika akan memilih sebuah mikrofon adalah:
1. Prinsip cara kerja mikrofon
2. Daerah respon frekuensi suara yang mampu dicuplik mikrofon
3. Sudut atau arah pencuplikan mikrofon
4. Output sinyal listrik yang dihasilkan mikrofon
5. Bentuk fisik mikrofon

Perbedaan audio mono dan stereo

Pengertian mono
Pada audio mono hanya terdiri dari satu jalur audio saja. Amplifier, radio, serta ponsel jaman dahulu kebanyakan menggunakan sistem mono pada audionya contohnya adalah pada radio jadul yang memakai baterai, ponsel nokia 6600 dan sebagainya.
 Pada audio mono hanya terdiri dari satu jalur saja dan pada jalur headset kemudian di pecah jadi 2 sehingga sehingga ada jalur L (kiri) dan R (kanan) namun audio tersebut tetaplah mono. Dengan kualitas yang sama ukuran file mp3 mono pun kecil dari file stereo dan biasanya ukurannya hanya separuhnya saja.

Pengertian stereo
stereo adalah sistem audio yang menggunakan 2 jalur berbeda Yaitu L dan R. Pada audio stereo terdapat jalur terpisah secara sendiri-sendiri antara L dan R serta menggunakan penguat terpisah Kebanyakan peralatan audio saat ini menggunakan sistem audio stereo. sistem stereo menyesuaikan dengan telinga manusia karena pada dasarnya telingan kiri dan kanan memproses suara yang berbeda. jika sobat memutar audio stereo maka sobat akan mendengarkan efek musik bergerak dari kiri (L) ke kanan (R).

REFERENSI
http://peralatan-sound-systems.blogspot.com/2016/01/apa-maksud-fungsi-soundsystem.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Frekuensi_audio
https://baehaqinur.com/jenis-mikrofon/
https://id.wikipedia.org/wiki/Mikrofon

1 Response to "MENGENAL SOUND SYSTEM||SUKMA.W"

  1. Penjelasan di atas memang sudah bagus tetapi lebih bagus lagi jika diberi cara untuk pemasangan instalasinya agar pembaca paham cara pemasangan instalasinya

    ReplyDelete

Search This Blog

Powered by Blogger.

Comments

Popular Posts

Followers

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel